Kamis, 22 November 2012

Tips Membuat Kimchi Korea


Membuat Kimchi ( asinan Korea )
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVJB2uZAMpP3wFzJyMNfdIAKYTyN_03Kv2lEAmnEBtXUb-fwXPcP401uctZ8KA247vpIfBC_iixLyEZ9cFh0fgNpZoRmaR6jcW2E8b1ariAEx46GC9Kyxy_py3La4b4FOnByhBZHxmDhbj/s320/Ddt_kimchi01.jpg



Kimchi, asinan sayur berbahan sawi putih bercitarasa khas Korea ini sudah mendunia. Rasanya belum sempurna kunjungan ke Korea jika melewatkan mencicipi seni kuliner yang sohor ini. Bahkan, jika Anda sudah bangga telah menyantap bulgolgi (kuliner Korea berbahan dasar daging yang ditumis manis) tak ada artinya jika belum menyentuh kimchi.
Sekilas rasa kimchi yang asam, asin, dan pedas mirip dengan asinan sayur Bogor. Bedanya, di tempat aslinya, kimchi bisa begitu asam, begitu pedas, sekaligus asin. Paduan rasa yang luar biasa untuk dilupakan begitu saja. Lantaran sudah begitu kondangnya, kimchi kini mudah di temui di seluruh Korea karena dikemas sebagai makanan siap santap.
Namun jika Anda ingin menjajal mengolah kimchi sendiri, berikut resep sederhana mengolah kimchi yang disarikan dari The Book of Kimchi. Jika suka, kimchi bisa disantap begitu saja sebagai makanan pembuka atau disajikan dengan nasi putih dan sate. Atau bisa dipadukan dengan apa saja sesuai selera. Selamat mencoba. tri
Bahan-bahan:3 Ikat sawi putih, biarkan utuh3 Genggam garam3 Sendok makan (sdm) gula6 Sdm bubuk cabai1 Jari jahe, parut halus2 Siung bawang putih, haluskan1 Ikat selada air1 Ikat daun bawang, iris kasar1 Buah radis, iris halus3 Sdm saus ikan
Mengolahnya:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeOhubwDA01ViYb_eS8QpDua3BML96Jpzoz27mfc3qyllJ460KJgsp7b_K4y0t5UeicZIuc7CdNuVIcUcpTUf7BQFCmLlIom-AJ5EVTenTiSYUyokwcfto26btCHVs0m4lEqnjXUr0LmPy/s320/Picture8.jpg
1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Sesudah bersih, rendam sawi dalam campuran tiga genggam garam yang sudah dilarutkan dengan air matang untuk sedikitnya enam jam, sampai sawi putih terlihat layu.
2. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih. Tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian dengan membuang ujung-ujung sawi.
3. Saatnya mengolah sawi dengan campuran bahan-bahan bumbu. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, selada air, daun bawang, radis, saus ikan, dan sedikit garam. Baurkan campuran bumbu secara merata menutup semua bagian sawi hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan biarkan sedikitnya 2×24 jam sampai bumbu meresap ke dalam daging sawi dan jangan menyimpan di dalam lemari es. Proses penyimpan lebih lama akan lebih baik karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. Setelah itu, baru simpan kimchi dalam lemari es.
4. Kimchi siap saji bisa disantap begitu saja atau disuguhkan sebagai makanan pembuka sebelum makanan utama.



TIP
1. Proses memilih sawi yang baik dengan daun sawi yang sehat dan tidak berulat menjadikan hasil kimchi juga menyakinkan.
2. Jangan menggunakan peranti masak dari bahan logam karena kimchi membutuhkan porsi garam relatif banyak ketimbang menu lainnya, selain proses penyimpanannya yang relatif lama akan terjadi reaksi antara logam dengan garam sehingga memengaruhi proses fermentasi pada rasa kimchi.
3. Hasil kimchi yang lezat memang membutuhkan penyimpanan berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan untuk proses fermentasi yang sempurna. Bahan keramik lebih disarankan untuk menyimpan kimchi selama proses fermentasi berlangsung.
4. Takaran bahan-bahan bumbu bisa Anda sesuaikan sampai Anda menemukan takaran yang pas dengan selera Anda. Misalnya dengan mengurangi garam jika Anda menyukai menambahkan saus ikan yang memang sudah asin.




Resep Kimchi
Yang sering nonton film korea tentu hapal kan dengan makanan paling khas dari korea?

Yup..benar sekali, kimchi...

Berikut kami sajikan cara membuat kimchi :

Resep 1:
bahan :

2.3 kg sawi putih belah 2
100 gr garam
Rendam sawi dengan garam (usahakan agar semua sawi terendam dengan sempurna), selama semalam.


Bahan pencelup :
50 gr daun bawang potong kecil2
100 gr bawang putih, haluskan
40 gr chili powder
2 cm jahe dihaluskan
250 cc light soysauce/kimchi sauce
50 gr gula pasir
(bahan-bahan ini dicampur bersama sawi yang sudah diasinkan nantinya)

beberapa tetes minyak wijen, pada saat penyajian.

bubur tepung beras :
100 gr tepung beras
1200 cc air hangat (panas)
campur tepung dengan air, biarkan dingin


Campur bubur tadi dengan cabe bubuk/halus, bawang putih, jahe yang sudah dihaluskan, gula , garam.
Tiriskan sawi yang sudah semalam direndam.
Olesi dengan campuran bubur tadi setiap lembarnya.

Atur rapi dalam wadah, tambah dengan bahan pencelup, biarkan semalam diudara luar sampai terlihat airnya menjadi banyak, lalu masukkan dalam lemari es semalam lagi, baru dapat disajikan.
Sajikan dengan ditetesi minyak wijen...

Jika disimpan di kulkas, kimchi ini bisa bertahan sampai 6 bulan loh...

Klo komchi yang lebih maknyus biasanya daun sawi dibuang, jadi cuma tinggal batang putihnya doang.

Sedangkan buat yang kesulitan mendapatkan kimchi sauce bisa menggantinya dengan kecap asin


Resep 2:
1 sawi putih potong melintang 2 inchi.
10 Garlic
15 Red chili
1 cup White Vinegar (cuka)
Salt.

Setelah sawi putih dicuci dan dipotong keringkan lalu ditaburi garam sampai merata. Diamkan semalam diluar kulkas.
Sementara siapkan cabe merah dan bawang putih ditumbuk sampai halus lalu masukan kedalam air cuka.
Kemudian setelah sawi putih layu karena terendam garam.semalaman masukan jadi satu dengan ramuan bumbu dari air cuka tersebut. Siap makan malam hari.


Selamat mencoba ^^

Screenshoot :

http://tbn2.google.com/images?q=tbn:5bdK_7dXvxSmCM:http://life1ssimple.files.wordpress.com/2009/01/korean-kimchi1.jpghttp://tbn2.google.com/images?q=tbn:IOguCepxOe3cfM:http://kimchiandcrackerjacks.edublogs.org/files/2009/02/kimchi.jpg
Kimchi

http://tbn3.google.com/images?q=tbn:N2ifDc7R3J-7KM:http://wb3.indo-work.com/pdimage/14/286014_0510045344.jpg




KIMCHI

Bahan:
  • 1 buah sawi putih, cuci bersih (atau bisa juga menggunakan lobak putih)
  • 2 sdm garam
  • 1/2 sdm bawang putih parut
  • 1 sdm cabai giling
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt cabai bubuk
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdm garam
  • 1/2 sdt jahe, parut
  • 1/2 sdt kecap ikan



Cara membuat kimchi:
  1. Buka kuntum daun sawi, kemudian taburkan garam pada setiap kuntumnya
  2. Biarkan selama 6 jam. Baru kemudian dicuci bersih
  3. Setelah itu, potong-potong sawi sepanjang 4 cm
  4. Campur sawi dengan bawang putih, cabai giling, cabai bubuk, air jeruk, jahe parut, kecap ikan, dan garam
  5. Biarkan semalaman dan kimchi siap dinikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar